Saturday 15 October 2011

Global Handwash Day : Higienitas dan Budaya

Tanggal 15 Oktober adalah Global Handwash Day yang disingkat GHD, di Indonesia program hari cuci tangan pakai sabun sedunia ini adalah CTPS alias Cuci Tangan Pakai Sabun, minimal 5 saat penting CTPS: Mandi menggunakan sabun, cuci tangan sebelum makan pagi, siang, malam, dan yang terakhir setelah dari toilet. 



Sederhana sekali sebenarnya, tetapi pelaksanaannya hehehe harus sangat disiplin, menyita energi bahkan emosi. Sejak anak pertama kami lahir, saya jadi sangat peduli tentang aturan cuci tangan pakai sabun ini, setiap anggota keluarga atau tamu yang ingin menggendong bayi, harus cuci tangan dahulu. Banyak sekali orang yang memandang saya dengan tatapan aneh, bahkan agak kesal dan marah sampai-sampai mengurungkan niatnya untuk menggendong.

Seandainya mereka tahu setiap tahun, diare dan infeksi saluran pernafasan akut adalah penyebab kematian lebih dari 3,5 juta anak balita, dan angka ini dapat berkurang drastis jika gerakan mencuci tangan pakai sabun secara luas dipraktekkan. Menurut penelitian jika CTPS secara luas dipraktekkan, maka akan mengurangi penyakit diare hampir 50% dan ISPA akut mendekati 25%. sumber: http://www.globalhandwashing.org/

Tetapi terkadang agak sulit jika menyangkut orang yang lebih tua, bakalan dicap kurang sopan, arogan bahkan kurang ajar. Mungkin ini terkait dengan budaya kita yang mengharamkan yang lebih muda mengingatkan yang lebih tua, hehehe, terkadang jika si penyentuh adalah orang penting, yang pantang tersinggung, terpaksalah saya menelan ludah, agak menggigit lidah saya untuk tidak mengingatkannya agar cuci tangan pakai sabun terlebih dahulu. 

Begitu juga bila sedang ada acara makan-makan bersama, yang seringkali harus makan menggunakan tangan dan yang disediakan hanyalah kobokan air, jika sudah begini trik yang paling sering saya pakai adalah pura-pura ke toilet dahulu, cari washtafel atau tempat cuci piring, dan cuci tangan pakai cairan cuci piring (ini kalau beruntung) yang paling sering tersedia adalah sabun colek, rinso, bahkan masih ada lho sabun cap telepon wakakaka tapi ini masih lebih lumayan dari pada tidak ada sabun sama sekali dan saya sudah terlanjur masuk toilet...haizzzzzzz

Jika sedang di toilet umum, ntah itu di kantor (waktu dulu saya ngantor) atau di mall, saya terkesima melihat orang yang keluar dari wc, tanpa singgah untuk cuci tangan pakai sabun di washtafel, bagaimana mungkin wanita cantik nan harum hanya berkaca dan langsung nyelonong keluar? aihhh betapa tidak pedulinya dia dengan kebersihan tangannya, belum lagi kalau setelah keluar dari toilet tujuannya adalah nonton bioskop, dan setelah itu makan popcorn....wakakaka. Jadi wajar dong, jika saya paling anti menyentuh handle pintu toilet, hahahaha bukannya apa-apa, sia-sia dech saya sudah susah cuci tangan. 

Dirumah saya sudah membiasakan xaxa untuk cuci tangan, setiap mau makan harus cuci tangan, habis dari toilet harus cuci tangan, dan dia senang sekali dengan kegiatan main air yang satu ini, dan sering kali tanpa alasan yang jelas dia berinisiatif untuk cuci tangan. Semoga saja kebiasaan baik yang saya ajarkan padanya akan diteruskan pada anaknya, generasi berikutnya, cucu saya, dan akan menjadi budaya mereka, sampai mereka menemukan yang lebih baik dari ini, tanpa sungkan mengoreksi saya, dengan cara yang santun tentunya. :)



ps: di mana ya bisa pesen kaos buat anak saya dengan tulisan : touch me? wash u'r hands 1st... hahahaha

2 comments:

  1. ellys-aa, u know me (i guess :p)

    kunjungan pertama ke blogmu, after read your wall at FB this morning and langsung ketawa ngakak pas bagian sabun cap telephon, kabanjahe kali hahahaha
    (sampai sekarang mamak nyampur sunlight ama sabun ini kl nyuci piring, hadeeh)

    setuju 1000% dengan tulisan ini, and thanks udah ngingetin soal pintu toilet, selama ini baru kuberlakukan buat putaran kran, makanya lebih suka kran yg matic *ndesooo, apa siy namanya yg taro tangan dibawah kran trus airnya ngucur hehe :D

    sooo, kutunggu tulisan berikutnya yaaaa . . . .

    kiss kiss buat xaxa and dave :*

    ReplyDelete
  2. hai...tengkiu ya buat comment nya... ngga banyak yang panggil aku ellys aaa.. tapi aku ngga berhasil menebak siapa kamu.. yang pasti satu kampung kita ya...hihihi

    sipp aku sampaikan cium nya buat 2 bos itu yaaa

    ReplyDelete