Friday 28 October 2011

Parenting : baking day yummy choco cookie

oven pinjaman dari bu lilis
pernah ngga sih merasa stress saat ada sebutir nasi yang jatuh di lantai? saya merasakan itu, saya langsung panik, marah, stress. padahal sebutir nasi itu bisa dibersihkan, sulit sekali saya mengendalikan diri agar tidak marah, walaupun saya tahu kemarahan justru bisa membuat anak jadi trauma, tidak berani mencoba hal-hal baru, dan ketularan stress mommy yang akhirnya jadi rewel dan mommy tambah stress. awalnya saya tidak menyadari itu, tapi lama kelamaan kok dikepala saya seperti ada radar yang bekerja keras jika ada nasi yang jatuh, langsung deh, otak memerintahkan mata melihat ke spot jatuhnya nasi dan men-zoom kejadian itu, manifestasinya mulut saya mengomel, tangan saya segera mencari tissue untuk membersihkan saat itu juga! hahahaha

waktu kecil, jarang sekali boleh ikutan membuat kue, rumah juga tidak boleh berantakan (bukannya harus rajin bersih-bersih tetapi lebih ke larangan membongkar-bongkar), kalau makan tidak boleh ada yang jatuh, dan ternyata... semua kekakuan itu saya adopsi sampai hari ini, kasian ya...anak saya..hahaha. jadi kalau boleh jujur, misi saya sebenarnya selain bersenang-senang dengan xaxa, saya sedang melatih diri saya untuk tidak stress saat dia menjatuhkan adonan, membuat tepung berceceran, coklat berserakan, membuat rusuh, haizz menyebutkannya saja saya tahan nafas..hahahha



choco cookie sebelum dibakar di oven
akhirnya kesampaian juga mengajak xaxa untuk membuat kue, mengingatkan aku kembali sisi lain masa kecil ku, yang sering sekali ke rumah tetangga kami (sahabat baik ku ci lusi) untuk membantu kakaknya saat kebanjiran order membuat kue. rela banget rasanya mencetak kue berulang-ulang sampai malam, dan pulang dengan dibekali hasil pembakaran yang kurang sempurna...wakakaka 






xaxa gembira saat dia boleh mengaduk-aduk mentega, tepung, mencoba mencicipi adonan (hahaha semoga ngga diare), membuat berantakan dapur, lebih "sedikit" mendengar larangan mommy, dan yang terpenting bisa ikut ambil bagian dalam proyek dapur saat ini. kebetulan xaxa lagi senang-senangnya melakukan apa yang mommy lakukan, dan selalu bertanya "lagi ngapain mommy?" oh ya..sekalian melatih pelajaran social skill xaxa di Sekolah Bina Iman bulan ini "berbagi" alhasil kami membagi-bagikan kue buat anak-anak kost dan miss xaxa di sekolah. Bangga banget!

agak sulit meminta tuan putri berpose senyum belakangan ini don't know why
Jadi saya tetapkan hati, bahwa selama proses buat kue, ngga boleh marah, misi nya adalah bersenang-senang dengan xaxa, lets bake baby....!
btw hasilnya juga memuaskan, karena dimentorin bu lilis (asisten rumah tangga kami) yang kebetulan expert banget soal buat kue. mungkin mau nyoba buat kuenya dirumah? gampang kok.. ini resep nya ya... bisa pakai alat2 seadanya juga..

bahan-bahan:
margarin 300gr
butter 125gr
tepung gula 250gr (sesuai selera)
telur 3 (hanya kuning telur)
coklat bubuk (secukupnya)
tepung terigu 500gr (sampai adonan kalis)
coklat chip

Selamat mencoba...


No comments:

Post a Comment